DLUWANG ART

DLUWANG adalah usaha dibidang kerajinan pengolahan limbah, khususnya pengolahan limbah kertas koran, majalah, tabloid dan kantong goni. Produk-produk yang dihasilkan Dluwang sudah dijamin ketahanannya terhadap air. Karena  sudah mempunyai formula yang dapat melindungi kertas terhadap air. Pengolahan kertas dan limbah di Indonesia yang belum maksimal menjadi alasan lahirnya Dluwang. Usaha ini mulai diseriusi oleh Briane Novianti sejak tahun 2012, walaupun sebenarnya ide usaha ini sudah ada sejak 2009. Selain berbisnis misi dluwang adalah kepedulian terhadap lingkungan dan pemberdayaan masyarakat, karena sudah bekerja sama dengan beberapa pengrajin. Sebuah interaksi bisnis yang berbuah pemberdayaan ekonomi.

Produk-produk yang dihasilkan dluwang sudah di jamin keawetannya dan ketahannannya terhadap air. Karena dluwang memiliki formula anti air yang membuat Koran tersebut tidak dapat mudah robek jika terkena air. Saat ini dluwang memiliki empat orang kepercayaan menangani masalah produksi dengan menghandel beberapa pengrajin. Dluwang art memiliki desa binaan di daerah Sayegan, dimana rata-rata pekerjaan warga disana adalah petani, jadi melintir kertas koran dan majalah menjadi pekerjaan tambahan mereka. Dluwang terus berkembang dan sudah melayani pemesan dari berbagai kota di Indonesia, dan ada beberapa produk  yang sudah di ekpor ke Amerika. Hal ini membuktikan bahwa produk ini dapat diterima oleh pasar, dan mampu bersaing dengan produk -produk berbahan mendong, enceng gondog, kedebog pisang, dll. Dan dapat menjadi sebuah usaha yang dapat mengkampanyekan tentang kepedulian lingkungan dan terus mengajak masyarakat luas untuk memperdulikan lingkungan.

Dluwang art telah bekerjasama yaitu pelatihan dengan DISPERINDAG KOTA JAYAPURA. DISDIKPORA INDRAGIRI HULU,RIAU. PENGGIAT UMKM BATAM,KEPULAUAN RIAU, serta PELATIHAN DI SEKITARAN DIY.

Prestasi yang pernah di raih

1. Finalis wilayah Wirausaha Muda Mandiri kategori Industri Kreatif 2012

2. Juara 1 Bidang Kewirausahaan Kerajinan Lomba Inovasi Bisnis Pemuda Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Balai Pemuda dan Olahraga DIY 2014

3. Finalis HBC (Home Business Camp) Binaan Disperindagkop Kota Yogyakarta 2014

4. Pemenang Gerakan Kewirausahaan Nasional KEMENKOP 2014

5. Juara 1 Pemilihan Wirausaha Muda Pemula Tingkat Provinsi D.I Yogyakarta Kategori Industri Kreatif 2015 6. Finalis 4 Wirausaha Muda Pemula Berprestasi KEMENPORA 2016

7. Pemenang DEKOYA Dekranasda Kota Yogyakarta Award Kategori Original Produk 2016

8. Pemenang Gebyar UKM Indonesia 2016, lolos seleksi UKM WOW SMESCO

9. Pemenang Kategori Green CMA (Citi Microentrepreneurship Award) Citi Bank Indonesia 2017

Data Usaha :

Nama Perusahaan : Dluwang

Bidang Usaha : Industri Kreatif (Kerajinan)

Jenis Produk  : Tas, sandal, dompet, tempat tisu, box laundry, frame foto dll

Alamat : Ledok Tukangan DN 2/257 RT 01 RW 01 Yogyakarta 55212

Telepon : 0818267155

Email : dluwangart@gmail.com

Web : www.dluwangart.com

Blog : www.dluwangart.blogspot.com

Pemilik Usaha :Briane Novianti Syukmita, S.Fil.

-----(  MAY )