SOSIALISASI PENCEGAHAN PENYAKIT DEGENERATIF

Tegalpanggung (26/02) Kelurahan Tegalpanggung mengadakan Sosialisasi Pencegahan Penyakit Degeneratif yang kali ini disampaikan oleh Bapak Joko Sulistyo yang selaku Ketua Kesi (Kelurahan Siaga) Keluarahan Tegalpanggung dan turut serta di dampingi oleh Puskesmas Danurejan I. Sosialisasi kali ini menjelaskan tentang Penyakit Degeneratif dan Bagaimana tindakan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan atau mencegah penyakit degeneratif.

Penyakit Degeneratif itu sendiri istilah umum dari beberapa penyakit kronis yang muncul akibat penurunan fungsi organ atau jaringan. Beberapa contoh penyakit degeneratif adalah Parkinson, Alzheimer, kanker, diabetes, hipertensi, osteoartritis, multiple sclerosis, dan masih banyak lagi. Faktor-faktor risiko utama penyebab penyakit degeneratif yaitu pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, konsumsi rokok, serta meningkatnya stress dan paparan penyebab penyakit degeneratif.

Bagaimana tindakan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit degeneratif ?

Untuk membantu penyembuhan atau pengobatan, pasien disarankan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan cara-cara berikut :

  1. Mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang
  2. Mengurangi asupan makanan tinggi gula dan lemak jenuh.
  3. Menurunkan berat badan jika menderita obesitas.
  4. Berolahraga ringan secara rutin.

Jadi untuk itu kita harus membiasakan untuk pola hidup sehat, melakukan aktivitas fisik sehari hari agar kita dapat mencegah penyakit degeneratif itu muncul dan menyerang tubuh kita.