PELATIHAN PEMBUATAN TAS DARI BARANG BEKAS

Tegalpanggung – Pada hari Selasa, 7 Mei 2024 di Wilayah RTHP RW 1 Kampung Ledok Tukangan, Kelurahan Tegalpanggung mengadakan Pelatihan Pembuatan Tas Dari Barang Bekas. Dalam sambutannya Lurah Tegalpanggung Bapak Mohammad Ikhwan Pribadi, SIP., menyampaikan bahwa Sampah plastik masih menjadi permasalahan, terutama bagi kelestarian alam dan lingkungan sekitar. Dan beliau juga mengatakan mengolah kembali limbah plastik adalah upaya untuk menghindari pencemaran lingkungan, dan melalui kreatifitas maka limbah plastik dapat di daur ulang menjadi barang yang berguna kembali.

Dalam Pelatihan Membuat Tas Dari Barang Bekas yang dihadiri oleh ibu-ibu PKK dan Pengurus Bank Sampah dan warga sekitar di wilayah Kelurahan Tegalpanggung. Dalam Pelatihan ini bahan ajar yang digunakan sudah cukup tepat. Alat dan media yang dibutuhkan dalam pelatihan ini juga sangat mudah didapatkan. Alat yang dibutuhkan berupa plastik bekas seperti bungkus bekas coffemix, white coffee, good day, milo atau bungkus minyak goreng dan gunting.

Pada saat pembelajaran berlangsung suasana yang di jumpai dalam pelaksanaan pelatihan membuat tas dari sampah plastik sangat kondusif, karena peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan dengan baik. Adanya proses daur ulang ini, selain bertujuan untuk memanfaatkan limbah plastik juga bertujuan untuk dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat dengan mengolah sampah plastik menjadi kerajinan tangan jenis tas yang memiliki nilai jual.